Uncategorized

Memanfaatkan Waktu

Hai ! beribu-ribu tahun yang lalu, orang yang bisa hidup sampai umur 30 tergolong beruntung karena, angka harapan hidup pada masa itu hanya sekitar 25 tahunan. Namun, kini rata-rata manusia memiliki harapan hidup hingga 70 tahun keatas dan walaupun masih relatif langka, segelintir manusia kini juga dapat hidup hingga berumur 100 tahun bahkan lebih. Tahun demi tahun angka harapan hidup semakin menaik. Tentunya manusia tidak mungkin hidup abadi namun, seberapa lama sebenarnya manusia dapat hidup? apakah ada batas umur tertinggi dan apabila ada, apakah masih ada cara untuk melebihi batas tersebut?

Banyak orang menggunakan istilah meninggal karena usia tua padahal, kenyataannya tidak ada yang namanya meninggal karena ketuaan. Kebanyakan orang lansia meninggal karena penyakit. Hal ini disebabkan karena semakin kita menua semakin lemah tubuh kita dalam menghadapi penyakit dan berkurangnya ketahanan ini adalah hasil dari degradasi DNA. Jadi pada dasarnya, setiap kali sel tubuh kita membelah, DNA kita yang berada didalam setiap sel juga ikut membelah namun, hasil dua hal ini tidak sempurna dan sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu DNA kita semakin rusak-rusakan, ini mempengaruhi segala fungsi tubuh dari pigmen pada rambut dan elastisitas kulit sehingga, mengurangi efisiensi organ-organ penting seperti jantung dan ginjal yang menyebabkan penyakit.

Sel tubuh kita tidak bisa membelah terus-menerus tanpa henti justru, sel tubuh kita hanya bisa membelah sebanyak 50 kali sebelum sel tersebut mati. Konsep ini dikenal sebagai the hill climb it dan dari sinilah kita bisa tahu apa sebenarnya batas usia maksimal seorang manusia dan batas tersebut adalah 120. Angka yang masuk akal, mengingat bahwa manusia tertua yang pernah hidup adalah jangan kau mau yang hidup hingga berusia 122 tahun dan selain dia tidak ada satupun manusia yang hidup sampai usia 120 namun, riset baru telah menemukan bahwa batas usia manusia justru bisa melebihi 120 pada tahun 2021.

Para peneliti di Singapura Rusia dan Amerika Serikat mengambil sampel darah dari 70.000 peserta dan para peneliti dapat melihat berkurangnya ketahanan tubuh manusia seiring waktu dan akhirnya mereka menemukan batas baru yaitu 150 tapi, perlu diingat angka ini adalah batas usia dengan kondisi paling optimal yaitu, manusia yang menjalani pola hidup sehat serta juga tidak memperhitungkan kematian akibat kekerasan misalnya, kecelakaan mobil. Apa artinya hidup 150 tahun jika 50 tahun terakhir hidupmu terkait di tempat tidur, pada akhirnya kita harus sadar suatu saat nanti bisa jadi 100 tahun bisa juga 10 tahun hidup kita akan berakhir. Jadi jangan terlalu terpaku pada masa depan dan fokuslah ke masa ini.

Penulis: Aini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap