Pendidikan

FIS Unimed Gelar Lomba Debat: Menumbuhkan Pemimpin Kritis, Cerdas, dan Visioner

Ruangkaji.id – Fakultas Ilmu Sosial sebagai institusi pendidikan memiliki peran penting dalam mencetak calon-calon pemimpin masa depan yang berkualitas. Salah satu cara untuk mengembangkan potensi kepemimpinan mahasiswa adalah melalui kegiatan-kegiatan yang mengasah kemampuan berpikir, berargumen, dan berkomunikasi, seperti lomba debat kepemimpinan. Lomba debat kepemimpinan Fakultas Ilmu Sosial, diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan kepemimpinan mereka melalui diskusi dan perdebatan yang konstruktif. Kegiatan ini tidak hanya menantang peserta untuk berpikir secara kritis dan strategis, tetapi juga melatih mereka untuk memimpin dengan empati, integritas, dan tanggung jawab. Melalui tema-tema debat yang beragam, Fakultas Ilmu Sosial diajak untuk membahas isu-isu kontemporer yang relevan dengan dunia kepemimpinan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Dengan demikian, mereka dapat memahami kompleksitas dan tantangan yang dihadapi seorang pemimpin dalam berbagai konteks.

Lomba Debat Fakultas Ilmu Sosial Ke -1 mengusung tema “Menumbuhkan Pemimpin, kritis, Cerdas, Dan visioner Melalui Melalui Debat Fakultas Ilmu Sosial”. Kegiatan ini dilaksanakan Pada hari Jumat, 04 Oktober 2024, di Lantai 1 Gedung Fakultas Ilmu sosial yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial yaitu Ibu Dr. Ratih Baiduri M.Si. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu sosial yaitu Bapak Muhammad Ridha Syafii Damanik, S.Pi., M.Sc., Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial yaitu Bapak Arief Wahyudi S. H., M.H, serta para Fungsionaris dan Kepala Jurusan dan Prodi sekawasan Fakultas Ilmu Sosial. Kegiatan ini di pandu oleh dewan juri yang telah berpengalaman seperti Bapak Jamaludin S.Pd., M.Pd., Bapak Gabriel Philip Naibaho S.Pd., dan Bapak Muammar Sahala Tua Siregar.

Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi dari Jurusan Pendidikan Antopologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah Dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Terdapat 3 Tim dari setiap Jurusannya. Antusiasme para mahasiswa dalam kegiatan ini dapat dilihat dari ketertarikan mahasiswa lain untuk melihat secara langsung kompetisi debat ini dilakukan mulai dari pembukaan hingga kegiatan berakhir. Adapun pemenang pada Lomba Debat Fakultas Ilmu Sosial Ke 1 ini yaitu, Juara 1 dimenangkan oleh tim dari Jurusan PPKn, atas nama Dewi Romantika Tinambunan dan Talita Sembiring, Juara 2 di menangkan oleh tim dari Jurusan Pendidikan Geografi, atas nama Firli Nur Afdilla Sirait dan Theresia Angeline Luluk, Juara 3 dimenangkan oleh tim dari Jurusan Pendidikan Sejarah, atas nama Rizky Ramadhan Putra Hadra dan Juan Vito Simanjuntak, dan Juara Harapan 1 dimenangkan oleh tim PPKn, atas nama Dien Solia Sipayung dan Hanna Teja Br Bukit.

Harapannya dengan diadakannya lomba debat ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk dapat mengikuti kompetisi yang dapat membangun kepercayaan diri, meningkatkan akademik dan melatih kemampuan dalam berbicara didepan public. Dan juga dapat melahirkan Mahasiswa berprestasi yang mampu mengaharumkan nama Fakultas Ilmu sosial dan Universitas Negeri Medan dalam kompetisi Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap