Gaya HidupKehidupan RemajaKesehatan

Memilih Yang Berkualitas Untuk Tubuh

Apakah kamu pernah mendengar tentang klaim kesehatan dari meminum air dengan pH yang tinggi? Air dengan pH yang tinggi ini bisa juga disebut sebagai air alkali.

Beberapa orang percaya bahwa air alkali mampu menetralkan asam dalam tubuh. Normalnya, pH air minum biasa adalah netral yaitu 7. Nah, pada air alkali tingkat pH nya bisa mencapai 8–9.

Istilah alkali pada air dengan pH tinggi mengacu pada tingkat pH-nya. Adapun, tingkat pH adalah angka yang mengukur seberapa asam atau basa suatu zat pada skala 0 sampai 14. Misalnya, air dengan nilai pH 1 akan sangat asam dan nilai dengan pH 13 akan sangat basa.Mineral alkali dalam air alkali, seperti kalsium, kalium, magnesium, atau zat besi, menentukan pH-nya.

Air alkali memiliki tingkat pH yang lebih tinggi daripada air minum biasa. Karena itu, beberapa pendukung air alkali percaya bahwa air alkali dapat menetralkan asam dalam tubuh Anda, meskipun hal ini tidak didukung oleh penelitian apa pun.

Air minum biasa umumnya memiliki pH netral 7. Air alkali biasanya memiliki pH 8 atau 9. Namun, pH saja tidak cukup untuk memberikan alkalinitas yang besar pada air.

Air alkali juga harus mengandung mineral alkali dan potensi reduksi oksidasi negatif (ORP). ORP adalah kemampuan air untuk bertindak sebagai pro atau antioksidan. Semakin negatif nilai ORP maka semakin bersifat anti-oksidasi.

Kendati demikian, air putih masih menjadi pilihan minuman yang paling umum. Tak hanya melepas dahaga, nyatanya air putih memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Para pendukung manfaat air alkali berkeyakinan kalau air ini perlu mengandung mineral alkali dan oxidation reduction potential (ORP) atau potensi reduksi oksidasi negatif.

ORP adalah kemampuan air untuk bertindak sebagai pro atau antioksidan. Semakin negatif nilai ORP, semakin banyak antioksidannya. Berdasarkan mekanisme kimiawi ini, sejumlah orang percaya kalau air alkali dapat memberikan manfaat.

Meski begitu, klaim manfaat pH air yang tinggi sebenarnya masih kontroversial. Melansir dari Healthline, banyak profesional kesehatan yang mengatakan bahwa sedikit penelitian yang mendukung klaim manfaat kesehatan dari air alkali ini.

Berikut adalah beberapa manfaat potensial yang mungkin dapat kamu peroleh dari konsumsi air alkali:

Mampu membersihkan usus besar

Mendukung sistem kekebalan tubuh Membantu menurunkan berat badan Mencegah kanker.

Memperlambat proses penuaan

Membantu mencegah refluks asam

Itulah informasi seputar manfaat potensial air dengan pH yang tinggi. Jika kamu atau anggota keluargamu mengalami gejala setelah minum air alkali, segera hentikan konsumsinya dan periksakan kondisi ke dokter.

Penulis : Aini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap