Gaya HidupSosialSosial Masyarakat

Hal Sepele Yang Berakibat Fatal

Hallo everyone! Di tulisan kali ini, saya akan membahas tentang 5 hal yang bisa bikin kamu disepelein oleh orang lain tapi, kamunya tidak sadar ngelakuin itu. Saya yakin, kalian semua pasti sudah tahu bagaimana caranya menghargai orang lain. Basically, bagaimana orang menghargain kita itu tergantung dari tiga hal.

Pertama,tergantung dari bagaimana sikap kita dalam menghargai orang lain.

Kedua, bagaimana cara kita menghargai diri kita sendiri.

Ketiga, bagaimana reaksi kita ketika ada orang yang tidak menghargai kita.

Saya yakin, kalian sudah tahu itu semua tapi, sebetulnya ada loh hal-hal yang sering kita lakukan tapi, kita tidak sadar. Hal itu justru membuat orang tidak menghargai kita dan membuat kita disepelekan oleh orang lain, membuat harga diri kita terlihat rendah di mata orang lain dan saya sudah rangkum semuanya menjadi 5 hal. Berikut penjelasannya :

Pertama, terlalu available. Orang lain mau ngebutuhin kamu tengah malam, mau nelepon kamu jam berapa pun itu, mau nyuruh kamu mendadak sekalipun kamu selalu ada, selalu bisa, kalau selama ini kamu mikir dengan begitu kamu bisa dihargai, kamu dianggap teman yang baik atau dianggap kamu bisa diandalkan, itu salah. Justru sebaliknya, dengan kamu terlalu available, kamu itu jadi tidak berharga. Coba bayangkan, kalau misalkan kamu memprioritaskan diri kamu, membagi waktu kamu untuk istirahat, untuk me time, family time atau untuk sekedar rileks, kamu tidak akan pernah bisa selalu tersedia untuk orang lain. Jadi bukan untuk pura-pura sibuk tapi, ya memang kamu harus sibuk! Coba prioritaskan dulu apa yang kamu butuhkan dan apa yang lebih baik kamu lakukan, daripada sekedar memenuhi kebutuhan orang lain.

Kedua, yaitu people pleaser. People pleaser adalah ketika kamu mengiyakan permintaan semua yang orang minta meskipun kamu tidak mau, misalkan kamu disuruh untuk mengerjakan tugas, teman-teman kamu nyuruh-nyuruh kamu dan kamu iya-iya aja dengan harapan kamu dianggap teman yang baik. Iya kamu akan dianggap sebagai teman yang baik tapi, untuk dimanfaatkan. Biasanya orang-orang yang rela jadi people pleaser itu karena dia tidak enakan dan dia takut dikecualikan dari kelompoknya, takut tidak punya teman, takut sendiri. Nah, kalau kamu seperti itu dengar, kamu itu lebih baik sendirian daripada kamu berkumpul dengan teman-teman yang tidak menghargai kamu! Dia tidak peduli kamu nyaman atau tidak, mereka itu bukan teman yang baik juga dan kamu harus tahu ketika kamu tidak bergantung ke orang lain, kamu berani untuk sendiri, di situ kamu punya power. Jikalau kamu bergantung ke orang lain, itu sama saja kamu memberi power ke mereka agar bisa ngontrol kamu. Kamu punya kontrol atas diri kamu sendiri, enggak ada satupun orang yang bisa mengontrol kamu.

Ketiga, kebiasaan yang bisa membuat orang lain nyepelin kamu itu salah satunya adalah kamu terlalu sering memperkecil diri kamu. Gesture tubuh kamu itu memperkecil diri kamu, kamu membungkuk, kamu nunduk, itu sama saja kamu menciptakan persepsi ke orang lain bahwa “keberadaan kamu itu tidak layak loh di sini, keberadaan kamu tuh tidak layak untuk dinotice orang, kamu tidak layak untuk dikenali, kamu takut untuk dilihat”. Jadi mulai sekarang, kamu harus berani untuk take up your space. Jangan selalu memperkecil diri kamu. Perlihatkan bahwa kamu tuh layak berada di ruangan itu, tunjukan bahwa keberadaan kamu tuh patut untuk dinotice, untuk dirasakan orang-orang.

Keempat, kamu terlalu sering minta maaf. Itu menunjukkan bahwa kamu itu orang yang ngerasa rendah diri. Kamu tidak yakin dengan pendapat kamu sendiri. Lantas orang lain akan berpersepsi bahwa “Oh kamu tuh sering ngelakuin kesalahan”. Padahal, mungkin itu bukan salah kamu tapi kamunya aja yang minta maaf. Kalau kamu terlalu sering minta maaf, ketika kamu benar-benar minta maaf yang tulus, yang serius, itu udah tidak bernilai lagi karena, kamu sudah terlalu sering mengucapkan itu.

Kelima, kamu terlalu banyak menjelaskan diri kamu ke orang lain.

Itulah dia 5 hal kebiasaan yang bisa bikin kamu disepelein atau dianggap tidak berharga lagi oleh orang lain, ngerendahin harga diri kamu tapi, seringkali kita tidak sadar. Semoga setelah membaca tulisan ini kita semua sadar, termasuk diri saya sendiri dan semoga tulisan ini bermanfaat, see you everyone!

Penulis: Aini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap