BeritaKesehatan

Sudah bisa berenang, ini protokol kesehatan yang harus di patuhi

ruangkaji-

Sampai saat ini, kita masih disibukkan dengan permasalahan virus corona yang terus menyebar namun juga seiring waktu berjalan manusia ingin segera terbebas dari begitu banyaknya batasan di masa pandemi ini. Termasuk adalah menjaga kebugaran fisik dengan berolahraga salah satunya adalah berenang, pada lain kesempatan tim gugus tugas covid-19 dr raisa menjelaskan boleh melakukan aktivitas berenang namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan  yang di buat.
Tim ruang kaji meliput dari laman website http://health.detik.com perihal apa apa saja protokol kesehatan pada kondisi berenang.

1. Air kolam menggunakan disinfektan

dr Reisa menyebut pengelola kolam renang harus bisa memastikan bahwa air kolam dibersihkan secara rutin dan menggunakan disinfektan. Informasi terkait kondisi air ini harus tersedia di papan pengumuman sehingga seluruh pengunjung dapat mengetahuinya.

“Apakah sudah boleh ke kolam renang? Iya, apabila bisa dipastikan air kolam renang menggunakan disinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm, sehingga ph air mencapai 7,2 sampai dengan delapan. Setiap hari hasilnya diinformasikan di papan informasi agar semua pengguna tahu,” kata dr Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Minggu (28/6/2020).

2. Area sekitar kolam rutin didisinfeksi

Area sekitar kolam seperti meja-meja dan ruang ganti harus secara rutin dibersihkan juga dengan disinfektan. Tujuannya untuk menghindari risiko pengunjung tertular karena dari permukaan yang sering disentuh.

3. Pengunjung isi formulir dan dibatasi

dr Reisa menyebut pengunjung kolam renang harus mengisi formulir terkait penilaian diri risiko terhadap paparan COVID-19. Mereka yang termasuk ke dalam kelompok berisiko maka jangan dulu menggunakan kolam renang.

Pengelola juga harus bisa membatasi jumlah pengunjung yang masuk dalam satu periode waktu. Tujuannya agar jaga jarak bisa diterapkan dan tidak terjadi kerumunan.

4. Bawa alat renang sendiri

Pengunjung harus membawa sendiri peralatan yang biasa dipakai untuk berenang, seperti handuk dan alat bilas lainnya.

5. Pakai masker

Saat mengunjungi kolam renang jangan lupa tetap memakai masker. Alat pelindung diri ini hanya dilepas ketika berenang dan kembali dipakai setelahnya.

“Gunakan masker, sebelum dan setelah berenang,” pungkas dr Reisa

sumber : https://health.detik.com/
editor : Tim Redaksi
poto : ngelmu.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap