BeritaGaya HidupReligiSosialSosial MasyarakatTulisan

Maaf dan Memaafkan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata maaf adalah ungkapan permintaan ampun atau penyesalan. baca disini : Kamus Besar Bahasa Indonesia

 

Maaf dan Memaafkan terlihat seperti mudah dipahami dan dilakukan. Padahal hanya orang-orang tertentu saja yang bisa meminta maaf dan memaafkan.

Meminta maaf tak mengubah kita menjadi sosok yang lemah juga kalah. Justru dengan kita meminta maaf terlebih dahulu, itu berarti kita merupakan manusia yang hebat dan juga kuat. Hanya orang-orang hebat yang bisa meminta maaf terlebih dahulu meskipun ia tidak salah. Ada kalanya kita harus menurunkan ego dan meminta maaf agar masalah cepat selesai. Beberapa masalah justru akan semakin bertambah ketika kita gengsi untuk meminta maaf. Biasakanlah untuk meminta maaf. Walaupun kesalahan sekecil debu. Dan jangan lah berkecil hati ketika permohonan maaf yang kita lakukan tidak di maafkan. Minta kepada Allah agar pintu hatinya terketuk untuk memaafkan mu.

 

Sedangkan Memaafkan sendiri berasal dari kata dasar Maaf, yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Memaafkan artinya memberikan ampun atas kesalahan yang telah orang lain perbuat.

Memaafkan itu memang sulit dilakukan. Terlebih jika sudah kecewa. Banyak yang merasa seolah-olah dia paling tersakiti dan tidak mau memaafkan padahal terkadang dia juga menyakiti. Dan ada pula yang sudah memaafkan tapi hanya sekedar memaafkan bukan dengan keikhlasan bahkan menaruh dendam di hati. Padahal dendam itu seperti kita yang minum racun tapi berharap orang lain yang mati.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

قَوْلٌ مَّعْرُوْفٌ وَّمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّنْ صَدَقَةٍ يَّتْبَعُهَاۤ اَذًى ۗ وَا للّٰهُ غَنِيٌّ حَلِيْمٌ

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Maha Kaya, Maha Penyantun.”

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 263)

 

Ayat di atas hanya salah satu ayat yang menyebutkan tentang indahnya memaafkan. Masih banyak ayat yang bisa kita temui di Al-Qur’an mengenai memaafkan.

Allah saja maha pemaaf kenapa kita yang hanya salah satu ciptaan-Nya sombong tidak mau memaafkan? Semoga kita bisa meminta maaf dan memaafkan dengan ikhlas.

Download file berbentuk PDF di link berikut : maaf dan memaafkan

Penulis : Wiwik Widiya Wati
Gambar : pexels.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap