Uncategorized

PERKEMBANGAN EKONOMI ASIA 2022

Pada umumnya kegiatan perekonomian di benua asia bergerak di bidang pertanian, pertambangan minyak dan gas, serta pada bidang industri juga,
Perekonomian di Benua Asia sangat beragam, mencakup negara maju dan berkembang. Beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan memiliki ekonomi maju dan teknologi canggih, sementara negara berkembang seperti Indonesia dan India mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Berikut adalah potensi ekonomi yang dapat dikelola di benua Asia.
Potensi pariwisata. Sebagai benua terluas di dunia, benua Asia memiliki ragam budaya dan kondisi alam yang sangat bervariasi :
• Potensi kelautan dan perikanan
• Potensi pertanian dan perkebunan
• Potensi peternakan
• Potensi dagang
• Potensi riset komersil.

juga Jakarta- Meskipun ada potensi luar biasa pada pertumbuhan ekonomi di Asia Pasifik dan perkapalan akan menjadi penting, namun ada beberapa hambatan untuk mencapainya, di antaranya adalah ekonomi. “Di Asia, negara-negara kaya sudah mulai menua dengan cepat (aging) dan tingkat pertumbuhan ekonomi mereka melambat secara drastis, termasuk Tiongkok,” kata Senior International Defense Researcher di RAND Corporation, Timothy R. Heath, Ph.D. saat menjadi pembicara The 6th Jakarta Geopolitical Forum “Geomaritime: Chasing the Future of Global Stability” di Grand Studio Metro TV pada Rabu, (24/08).

Mulai tahun ini, populasi Tiongkok mulai mengalami penurunan, satu decade lebih awal dari perkiraan banyak orang. Kemudian hingga tahun 2030, tingkat pertumbuhan Tiongkok diprediksi akan melambat 2 hingga 3 persen. Lebih lambat dari Amerika Serikat.

Dalam hal ekonomi, lanjut Heath, negara-negara berkembang di Asia membutuhkan infrastruktur yang besar. Namun, dana yang dimiliki tidak cukup untuk modernisasi infrastruktur yang dibutuhkan, termasuk infrastruktur pelabuhan dan perdagangan laut.

Padahal, Asia Pasifik atau Indo Pasifik diharapkan dapat memegang peranan penting di masa depan ekonomi global. “Banyak yang memperkirakan bahwa Indo Pasifik akan memberikan sekitar 50 persen dari GDP dunia pada 2050,” kata Heath.

NAMA        : FAHMI ARDIAN

PICTURE  : PIXELS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap