Uncategorized

Free Palestina

Free Palestine artinya bebaskan Palestina dari penjajahan dan penyerangan secara bertubi-tubi. Para selerbitas dan tokoh dunia menunjukkan dukungan untuk Palestina dengan tagar ini #FreePalestine.

Deklarasi Kemerdekaan Palestina dinyatakan pada 15 November 1988 di Aljir oleh Dewan Nasional Palestina dan Organisasi Pembebasan Palestina.

Melansir History, lebih dari 135 negara anggota PBB telah mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Artinya, sekitar 82 persen populasi dunia secara resmi mengakui Palestina sebagai negara.

Sebagian besar penduduk Palestina terdiri dari bangsa Arab dan munggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi dari negara tersebut. Palestina terletak di Timur Tengah Antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Palestina berbentuk Republik Parlementer dengan Presiden sebagai Kepala Pemerintahannya.

Awal mula Palestina diserang oleh Israel karena terbentuknya negara Israel pada 1948. Saat itu, warga Palestina merasa keberatan dan mencegah berdirinya negara Israel hingga terjadilah perang. Pasca perang berakhir, ternyata Israel sudah menduduki sebagian besar wilayah bekas pemerintahan Inggris termasuk Yerusalem.19 Okt 2023

Ḥamās, akronim dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah حركة المقاومة الاسلامية Ḥarakat al-Muqāwamah al-ʾIslāmiyyah, secara harfiah “Gerakan Perlawanan Islam” dan kata Arab untuk ‘ketekunan’), adalah gerakan Islam Sunni dan nasionalisme Palestina yang menentang pendudukan Zionis di wilayah tersebut.

Nama klasik wilayah Palestina adalah Kan’an karena dalam sejarah tercatat bangsa yang pertama kali bermukim di Palestina adalah Bangsa Kan’an yang datang dari Jazirah Arab.

Pengakuan internasional

Per Oktober 2023, 138 dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengakui Negara Palestina. Beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Korea Selatan, dan Britania Raya, tidak mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Selama periode 7-29 Oktober 2023, perang antara Israel dan kelompok militan Hamas telah menewaskan lebih dari 8.100 warga Palestina.

Korban Palestina paling banyak berada di Jalur Gaza, yakni korban jiwa 8.005 orang dan korban luka 20.242 orang. Sementara di wilayah Tepi Barat korban jiwanya 115 orang dan korban luka 2.150 orang.

NAMA:BAGAS SADITO

PIXTURE:PEXELS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap