Uncategorized

pengertian,manfaat,dan tujuan ilmu ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

Dilihat dari asal katanya, istilah ekonomi disusun oleh kata ‘oikos’ yang berarti rumah tangga atau keluarga dan ‘nomos’ yang bermakna peraturan atau hukum yang berlaku.

Maka dari itu, secara harfiah, ekonomi adalah manajemen atau beragam aturan rumah tangga.

Meskipun begitu, ilmu ekonomi sebetulnya memiliki cakupan yang sangat luas. Ilmu yang satu ini berisi kajian tentang suku bunga, siklus bisnis, perdagangan, nilai tukar, hingga efisiensi pemanfaatan sumber daya alam.

Tak hanya itu, dalam ilmu ekonomi juga terdapat kajian tentang pendapatan individu, perusahaan, bahkan pendapatan negara. Adapun pengertian ilmu ekonomi menurut ahli, antara lain:

1. Alfred Marshall

Alfred Marshall adalah ahli ekonomi berkebangsaan Inggris yang sangat berpengaruh pada masanya. Dalam bukunya The Principle of Economics, Alfred Marshall menyebut ilmu ekonomi sebagai kajian tentang perilaku manusia secara perorangan dan kolektif dalam kaitannya dengan penggunaan barang-barang material.

2. M. Manullang

Menurut M. Manullang, ilmu ekonomi adalah pelajaran tentang cara memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran atau kondisi ketika manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik dalam bentuk barang maupun jasa.

3. Herbert J. Davenport

Ahli ekonomi berkebangsaan Amerika ini dikenal dengan pemikirannya yang menolak neoclassical economics dan banyak mengkritik Alfred Marshall.

Adapun definisi ilmu ekonomi pernah dituliskan oleh H.J. Davenport dalam bukunya: Economic of Enterprise. Davenport menyebut ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mengendalikan berbagai masalah dari titik tolak harga.

Tak hanya itu, menurut Davenport, ilmu ekonomi juga menunjukkan cara peningkatan produksi sehingga tingkat hidup masyarakat secara otomatis turut meningkat.

4. Adam Smith

Ilmu ekonomi diterjemahkan secara berbeda oleh Adam Smith, ahli ekonomi berkebangsaan Scotland. Definisi versi Adam Smith dikenal sebagai teori ekonomi klasik.

Oleh Adam Smith, ilmu ekonomi disebut sebagai cabang ilmu yang memaparkan kajian tentang perilaku manusia dalam usahanya mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan.

5. Suherman Rosyidi

Suherman Rosyidi adalah pengajar di perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Ia menuangkan berbagai pemikirannya melalui aneka publikasi dan buku.

Menurut Suherman Rosyidi, ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang memberikan pemahaman tentang gejala yang timbul di lingkungan masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai kemakmuran.

Tujuan Ilmu Ekonomi

Setelah mengetahui pengertian ilmu ekonomi, kita jadi mengerti bahwa ilmu yang satu ini esensial bagi kehidupan manusia. Maka dari itu, seseorang yang mempelajari ilmu ekonomi tentu memiliki tujuan. Adapun tujuan ilmu ekonomi secara umum, antara lain:

  • Mengetahui kaitan antarperistiwa yang terjadi dalam perekonomian
  • Membuka wawasan yang luas terkait ekonomi baik secara teori maupun untuk praktik di kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menjadi acuan untuk memecahkan persoalan ekonomi
  • Landasan pengambilan kebijakan atau keputusan ekonomi di tengah sumber daya yang terbatas
  • Membantu manusia mengetahui potensi alam di sekitarnya
  • Menghadirkan situasi kondusif untuk kemajuan ekonomi

Manfaat Ilmu Ekonomi

Beberapa dari kamu mungkin ada yang bertanya, lalu apa manfaat nyata dari mempelajari ilmu ekonomi? Jika dirangkum, ada lima manfaat ilmu ekonomi yang bisa kamu rasakan. Berikut ini penjelasannya.

Menghasilkan Keputusan Berbasis Informasi

Pemahaman terkait ekonomi membuat seseorang membuat forecast dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, baik di perusahaan maupun pemerintahan.

Jadi, setiap keputusan atau kebijakan ekonomi didasarkan pada data dan pemodelan yang valid.

Memengaruhi Berbagai Aspek Kehidupan

Masalah ekonomi sangat lekat dan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari, mulai dari persoalan pajak, inflasi, suku bunga, dan kekayaan. Belum lagi persoalan-persoalan terkait, misalnya energi serta kelestarian lingkungan.

Ilmu ekonomi yang diaplikasikan dengan tepat dan bijak akan memberikan jawaban bagi berbagai masalah kesehatan, sosial, dan politik yang berdampak langsung pada rumah tangga atau masyarakat luas.

picture:pixels

nama:fahmi ardian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap