Gaya HidupKehidupan RemajaKesehatanSosial Masyarakat

Ayo Batasi Makanan Manis!

Ada banyak dampak buruk yang dapat terjadi saat makan terlalu banyak gula, seperti pada gigi, sistem kekebalan tubuh, kadar gula darah, hingga berat badan. Semakin banyak makanan manis yang kamu makan setiap hari, semakin tinggi juga risiko kesehatan yang dapat terjadi.

Saat kamu mengonsumsi terlalu banyak gula, kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba. Ketika gula darah naik, kamu dapat merasa lapar dan menginginkan lebih banyak makanan manis. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara untuk tetap sehat meski mengonsumsi banyak makan manis.

Bagi kamu pecinta makanan manis, ada trik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh meski sering makan manis. Mau tahu?

1.   Ketahui Makananmu

Agar tidak menjadi petaka, pastikan kamu tidak “lupa daratan” saat menyantap makanan manis.

2.   Atur Jadwal

Hindari mengonsumsinya terlalu banyak, buat jadwal misalnya hanya makan manis di akhir minggu. Atau saat merasa sudah berlebih, detoksifikasi tubuh dengan cara puasa makanan manis selama tiga hari.

3.   Sikat Gigi

Kebiasaan ini dapat mencegah gigi berlubang atau masalah mulut lainnya.

4.   Rutin Periksa

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan dengan rutin, memeriksa kondisi tubuh pun bisa membantu kamu mengontrol sebanyak apa makanan manis boleh masuk dalam tubuh.

5.   Banyak Minum Air Putih

Hal ini mampu membilas partikel makanan, bakteri, dan asam yang ada.

 

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar tetap sehat meski banyak makan manis. Dengan menerapkan beberapa cara yang disebutkan, risiko yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi sesuatu yang manis dapat diturunkan. Meski begitu, alangkah baiknya tetap membatasi konsumsi gula setiap harinya.

 

 

Penulis: Aini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap