PendidikanTeknologi

Tips Mengekspor Barang

Buat teman-teman yang mau belajar ekspor ke luar negeri, saya akan membahas bagaimana caranya memilih produk ekspor, perizinan apa yang harus kalian urus sebagai eksportir dan apa triknya supaya bisa ekspor tanpa mengurus perizinan. Pertama-tama, mari kita bahas soal memilih produk ekspor. Jikalau kalian memang sudah berjualan di Indonesia, berarti ya sudah jelas kalian tinggal memasarkan produk kalian ke luar negeri tetapi, buat teman-teman yang benar-benar memulai dari nol dan bingung mau ekspor apa, kalian harus memilih dulu nih mau jualan apa, kalian bisa baca-baca di internet dan tanya-tanya di forum, tapi idealnya si, produk ini adalah jenis barang yang banyak dicari orang dan juga pilih barang yang banyak diproduksi di daerah anda, agar nantinya Anda gampang berkomunikasi dengan supplier. Jikalau kalian masih pemula, sebaiknya fokus pilih aja satu produk dulu dan bangun pengetahuan produk tentang barang tersebut, itu penting banget karena, anda tidak akan bisa berjualan dengan efektif tanpa punya pengetahuan yang baik tentang produk itu.

Perizinan apa saja yang kalian harus urus sebelum bisa ekspor ke luar negeri? Secara hukum berikut adalah ketentuan yang harus teman-teman penuhi :

  • Invoice.
  • Packing List.
  • Bill of Lading (B.L)
  • Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)
  • Shipping Instruction (SI)
  • COO (Certificate of Origin) atau SKA (Surat Keterangan Asal)
  • Cerificate of Analysis.
  • Phytosanitary Cerificate (Sertifikat Fitosari)

kalau kalian masih coba-coba ekspor dan belum siap untuk mengurus perizinan, ada cara lain untuk ekspor tanpa punya PT dan juga tanpa mengurus surat-surat perizinan. Caranya adalah dengan menyewa jasa under name. Sebenarnya apa sih jasa under name itu? Jasa under name adalah kegiatan jasa meminjamkan atau menyewakan izin ekspor impor untuk membantu pihak-pihak yang belum punya izin. Biasanya under name itu bukan hanya meminjamkan nama saja tapi, juga bisa membantu mengurus pengiriman dan kalian juga bisa tanya-tanya soal berbagai dokumen jadi, kalian tidak perlu khawatir barangnya tertahan di Bea Cukai atau dikembalikan hanya karena masalah perizinan tapi, kita juga harus hati-hati dalam memilih jasa under name.

 

Penulis: Aini

One thought on “Tips Mengekspor Barang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap