Pendidikan

Bumi Memiliki 2 Bulan

Bumi akan mempunyai bulan baru di 2024 ketika sebuah asteroid berukuran 10 m yang diberi nama pt5 2024 mulai mengorbit. Asteroid pt5 2024 itu sebelumnya ditemukan pada 7 Agustus 2024 lalu oleh Audit Tool dan Linked Archive System atau atlas meski begitu, asteroid tersebut hanya akan bertahan dalam waktu singkat sekitar 2 bulan. Kapan ya bulan baru mulai terlihat? asteroid pt5 2024 akan menjadi bulan mini dan mengitari bumi dalam bentuk Tapal Kuda dari 29 September hingga 25 November 2024.

Para ilmuwan dari Universitas Complutense Madrid telah melacak orbit asteroid tersebut selama 21 hari dan menentukan lintasannya di masa mendatang. Menurut penelitian, asteroid itu berasal dari sabuk asteroid Arjuna yang mengorbit matahari tapi, tarikan gravitasi bumi akan menarik pt5 2024 ke arahnya seperti halnya, bulan benda langit ini akan mengorbit bumi namun hanya dalam waktu singkat yakni, selama 56,6 hari.

PT 5 2024 yang lebih besar diprediksi juga akan kembali ke orbit bumi pada 2055 gravitasi bumi akan menariknya ke dalam orbitnya dan asteroid ini akan memiliki energi geosentris negatif ini artinya, asteroid pt5 2024 tidak bisa lepas dari tarikan gravitasi bumi setelah meninggalkan orbit. Pt5 2024 akan tetap berada di dekat bumi selama beberapa bulan dan akan mencapai terdekatnya pada 9 Januari 2025.

Setelah itu, asteroid ini akan meninggalkan lingkungan bumi hingga jalurnya kembali ke orbit dalam waktu sekitar 30 tahun. Sementara itu, Profesor riset astronomi dan astrofisika Brin Thomas Jamaludin memastikan PT 5 2024 tidak akan memberikan dampak tambahan bagi bumi sebab, pt5 2024 memiliki ukuran yang relatif kecil, yakni sekitar 10 m dan daya gravitasinya terlalu rendah. Ia juga memastikan asteroid tersebut tidak bisa diamati dengan mata telanjang bahkan sulit dideteksi oleh teleskop karena cahayanya terlalu redup.

Penulis: Aini

Baca Juga: Tips Mengekspor Barang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap