Kehidupan RemajaTulisan

sudah mengerti maksud dari kata SELF LOVE ? ini penjelasannya

Belakangan ini self love sudah banyak terdengar ditelinga kita bahkan sudah sering diucapkan oleh banyak orang, namun masih sangat banyak yang belum paham makna sebenarnya dari self love sendiri. Kebanyakan orang hanya mengucapkan “I love my self” atau “Be your self” tapi pada kenyataanya mereka belum benar-benar cinta dengan diri nya sendiri bahkan belum menghargai apa yang ada di dalam diri. Kita sangat mudah mengucapkannya namun untuk mempraktikkannya tidak lah semudah yang diucapkan.
Mencintai diri sendiri adalah sebuah tindakan menerima segala kekurangan atau kelebihan yang ada pada diri serta menghargai apa yang ada didalam diri. Karena jika kita sendiri saja tidak bisa menghargai diri kita, lantas bagaimana orang lain ingin menghargai kita?

Memang benar, mengucpkan itu mudah tapi tidak dengan melakukannya, salah satu cara untuk menuju pada self love yaitu dengan memaafkan kesalahan diri sendiri, berhenti menyalahkan diri sendiri secara terus-menerus atas terjadinya suatu kejadian, dan berhenti dari rasa bahwa kita tidak pernah cukup.
Mungkin masih banyak orang yang berfikir bahwa self love sama dengan egois atau bahkan narsis. Tapi sayangnya mereka salah besar. Self love dan egois adalah dua hal yang berbeda.
Seperti yang dikatakan oleh Psikolog Felicia Maukar “Kalau egois, kita cintai diri untuk keuntungan diri sendiri. Bentuknya, merawat diri dan mempercantik diri sendiri lebih ke pamer atau spread, dan benefitnya hanya untuk diri sendiri. Sedangkan untuk self love, konsep nya lebih luas untuk bisa mengisi ke orang lain, ini kembali ke goal kita mau bagaimana lebih ke keluarga atau ke orang lain”

Intinya, menjadi diri sendiri tidak langsung membuat kita hanya terfokus pada diri sendiri dan tidak peduli dengan sekitar, namun lebih dari itu. Kita jadi lebih sering bersyukur untuk hal-hal yang terjadi pada kita, dengan begitu kita juga bisa manyadari dan menghargai kehadiran orang-orang yang ada disekitar kita serta kesempatan-kesempatan yang datang pada kita.

 

Penulis : Dinda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap