Tulisan

STOP BULLYING, hargai orang lain. berikut macam-macam bullying yang mungkin tidak kita sadari

Oleh : Dinda

Bullying

          Pembahasan tentang bullying sudah sangat sering terdengar dimana-mana, tidak pandang tempat,waktu bahkan siapa korban dari bullying itu sendiri. Bullying sudah menjadi hal lumrah yang terjadi namun tidak banyak orang yang peduli akan hal ini.

Bullying, perisakan, perundukan adalah  tindakan agresif yang dilakukana secara verbal maupun fisik, yang sifatnya mengganggu, merusak, merendahkan maupun melukai orang lain. Bullying termasuk kedalam kejahatan yang bernahaya teruma bagi korban bullying itu sendiri. Dari dulu hingga sekarang, masalah bullying belum bisa diberantas secara menyeluruh disemua tempat. Ditambah lagi bullying tidak hanya dilakukan didunia nyata saja, namun juga didunia maya atau melalui sosial media. Apalagi, sekarang orang-orang banyak menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya sehingga peluang terjadinya cyberbullying sangatlah besar. Biasanya orang-orang yang melakukan perundukan di sosial media tidak menggunakan akunnya sendiri, namun menggunakan akun fake agar orang lain tidak mengenalinya, ia bersembunyi dibalik akun lain hanya untuk kepuasan nya sendiri.

Kita semua mungkin pernah menjadi pelaku bullying, namun kita tidak menyadarinya. Karena memang seperti itu lah, para pelaku tidak akan sadar bahwa perbutan atau perkataan yang mereka sampaikan bisa mangganggu mental seseorang, kepercayaan dirinya turun, bahkan yang lebih parah dapat menyebabkan depresi berat pada si korban. Mungkin bagi kita, itu hanya lah sebuah jokes atau candaan tapi kita tidak pernah tau apa yang mereka rasakan.

Orang-orang yang melakukan bullying bahkan tidak pandang tempat, namun sejauh yang kita tahu sekolah adalah tempat yang paling sering terjadi nya bullying. Ada beberapa tipe anak-anak yang rentan menjadi korban bullying yaitu anak-anak yang mempunyai kondisi fisik tertentu, anak-anak yang tidak memiliki teman, anak dengan kebutuhan khusus bahkan sampai anak-anak yang pintar rentan menjadi korban dari perundukan.

Apa saja macam-macam bullying yang dilakukan para remaja? Simak penjelasannya dibawah ini!

  1. Bullying secara verbal ( kata-kata )

Bullying yang paling sering dilakukan dengan keadaan tidak sadar adalah bullying secara verbal. Yang termasuk ke dalam verbal bullying yaitu fitnah, perusakan nama baik, body shaming, celaan, julukan buruk dan lainnya.

 

  1. Bullying secara fisik

Bullying jenis ini melakukan kontak fisik antara pelaku dan korban bullying, contoh bullying fisik yaitu menendang, memukul, melempar dan merusak barang milik si korban.

 

  1. Cyberbullying

Bullying yang dilakukan melalui sosial media merupakan bullying yang paling banyak ditemui akhir- akhir ini. Contoh kecilnya saja berkomentar dengan bahasa yang kasar.

  1. Bullying secara relasional ( hubungan pertemanan )

Bullying jenis ini melibatkan banyak pelaku, biasanya dilakukan secara berkelompok. Contoh dari bullying jenis ini yaitu pengucilan, pengabaian. Sikap nya seperti pandangan mata yang mengejek dan merendahkan. Korban dari bullying jenis ini biasanya dapat mengalami depresi dan tidak nyaman berada dilingkungan seperti itu.

 

Dari penjelasan diatas sudah seharusnya kita menyadari bahwa bullying ini bukanlah pekara sepele, ini melibatkan mental seseorang. Sudah seharusnya kita berhenti menjadi perusak kepercayaan diri seseorang, berhenti lah mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya dikatakan, jika ada kalimat baik untuk diucapkan untuk apa kalimat jahat di utarakan?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap