BeritaGaya HidupKesehatanSosial

Lomba ibu dan balita sehat pemerintah Desa Aek Ledong

ASAHAN-RUANGKAJI

Pemerintah Desa Aek Ledong Kec.Aek Ledong Kabupaten Asahan menggelar agenda lomba Balita Sehat. Peserta diikuti oleh masyarakat yang ada di Desa Aek Ledong.

Lomba Balita Sehat dilaksanakan untuk mengetahui tumbuh kembang anak yang diinginkan untuk menjadi generasi yang sehat dan cerdas. Kepala Desa Aek Ledong, Ibnu Hajar. Menyampaikan kegiatan lomba ibu dan anak sehat dilaksanakan setiap tahun untuk membangun generasi sehat dan cerdas di wilayah desa Aek Ledong.

Lanjutnya, Kepala desa menuturkan kegiatan ini adalah salah satu upaya kami sebagai pemerintah desa untuk memotivasi masyarakat agar hidup sehat.

Kegiatan lomba ini juga untuk meningkatkan pengetahuan ibu terhadap perkembangan balita dan lebih produktif dan mencegah terjadi nya stunting.

Hal ini juga selaras dengan Program Indonsia Sehat yang di buat oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia yang merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektorial lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera.

Program Indonesia sehat selanjutnya menjadi program utama pembangunan kesehatan Indonesia.

Sasaran dari Indonesia Sehat adalah

  1. Meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu dan anak,
  2. meningkatnya pengendalian penyakit
  3. meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan,
  4. Meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal melalui kartu indonesia sehat dan kualitas pengelolaan SJSN kesehatan,
  5. terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin, serta
  6. Meningkatnya responsivitas sistem kesehatan. Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama, yaitu : 1. Penerapan paradigma sehat, 2. penguatan pelayanan kesehatan, dan 3. pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN).

Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Pemerintah Desa Aek Ledong untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

Desa Aek Ledong melaksanakan kegiatan lomba Ibu dan Anak Sehat pada setiap tahunnya, menjadi agenda rutin, pada masa pandemi covid-19 acara diselenggerakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Penulis : TIM REDAKSI
poto : TIM REDAKSI

One thought on “Lomba ibu dan balita sehat pemerintah Desa Aek Ledong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap