KajianTulisan

Cara Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi dan Manfaatnya

Kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang adalah konsentrasi. Kemampuan konsentrasi dapat bermanfaat dalam mengarungi kehidupan yang semakin hari semakin mengarah pada dunia persaingan atau kompetisi. Konsentrasi akan mendorong kita pada fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Konsentrasi adalah cara kita untuk bisa fokus pada suatu hal yang terpenting dan sedikit mengenyampingkan hal hal yang dianggap kurang penting. Hal ini dapat membantu kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan  atau bahkan memecahkan suatu problem atau masalah yang kita lalui. Kita ambil contoh dari manfaat konsentrasi adalah ketika kita sedang bermain sepak bola namun pikiran kita terbagi menjadi beberapa hal untuk di pikirkan. Hal ini dapat mengganggu kita dalam tujuan bermain sepak bola itu sendiri, diri kita menjadi tidak fokus dan hasilnya tujuan kita bermain sepak bola menjadi tidak tercapai.

Kita akan mengulas bagaimana cara meningkatkan kemampuan konsentrasi dan mafaatnya.

Jika kita memiliki konsentrasi yang rendah, hal ini juga dapat berdampak kepada rencana rencana yang sedang kita bangun, ketika kita memiliki rencana yang sangat besar namun kita tidak dapat fokus untuk mencapai nya dan kita malah memikirkan hal hal yang tidak ada hubungannya dengan konsentrasi, maka dipastikan kita akan sulit mencapai tujuan kita yang besar tadi, atau bahkan kita tidak mampu mencapainya.

Namun kita akan sangat mudah menjalani sesuatu jika kita memiliki konsentrasi yang tinggi, kita akan merasakan kemudahan dalam mencapai target target yang telah kita buat, berikut Manfaat ketika kita memiliki konsentrasi yang tinggi ;

  1. Lakukan Pola Hidup Sehat
    Kita sering kali mengabaikan tentang pola hidup sehat. Padahal, hal ini sangat bermanfaat untuk kita dalam peningkatan konsentrasi. Pola hidup sehat akan mengakibatkan lancarnya peredaran darah pada tubuh , dan akan menigkatnya konsentrasi ketika aliran darah lancar menuju otak kita.
  2. Atur Waktu dalam bermedia sosial.
    Memang, sosial media sudah menjadi konsumsi wajib bagi kita, tidak kenal usia baik muda,tua bahkan anak anak. Kita harus mampu mengontrol bermedia sosial kita, ada banyak hal hal yang kita lihat di Instagram, Facebook, twitter ataupun media sosial lainnya padahal hal itu tidak penting bagi kita dan akan mempengaruhi pikiran kita , maka  segeralah kelaur dari halaman media sosial tersebut sebelum kita terpengaruh.
  3. Berfikir Positif
    Pikiran akan sejalan dengan yang kita lakukan , dan berfikir positif sangat mempengaruhi pikiran kita. Selalulah berfikir positif dalam setiap hal agar tetap mampu menjaga konsentrasi.
  4. Kerjakan pekerjaan dengan bertahap
    Mengerjakan sesuatu tanpa rencana akan menghasilkan sesuatu yang kurang baik. Membiasakan diri untuk tidak multitasking adalah pilihan yang tepat. Bekerja secara multitasking akan mempengaruhi tingkat konsentrasi dan akan menghasilkan pekerjaan yang tidak beres.

    Baca Juga https://ruangkaji.com/2020/10/21/berpiki-komputasi-bagian-dari-4-kemampuan-dasar-anak/

Dan inilah manfaat bagi kita jika memiliki konsentrasi yang baik.

  1. Pikiran terkontrol
    Jika kita membiasakan diri untuk selalu konsentrasi tentu pikiran kita akan terkontrol, mengendalikan semuanya sesuai dengan yang diri inginkan dalam melakukan suatu pekerjaan dan melakukan suatu tindakan.
  2. Meningkatnya Daya Ingat
    Ada banyak manfaat ketika kita memiliki daya ingat yang tinggi. Dan akan sangat membantu kita dalam melakukan pekerjaan.
  3. Menigkatkan Percaya Diri
    Kepercayaan diri adalah kekuatan terbaik yang dimiliki setiap orang. Dengan meningkatnya kepercayaan diri, kita tidak lagi terlalu takut pada hal hal negative atas apa yang kita lakukan.

Sekian ya sobat kaji tentang ulasan cara meningkatkan konsentrasi dan manfaatnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap