KajianReligiTulisan

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Puasa bagi umat islam adalah menahan makan dan minum serta segala hal/kegiatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan syarat tertentu.

Tapi, tahukah kamu? Ternyata manfaat berpuasa ini banyak loh. Salah satunya puasa Senin Kamis. Puasa Senin Kamis adalah salah satu ibadah sunnah yang banyak dilakukan umat Islam. Sesuai dengan namanya, puasa ini hanya dilakukan pada hari Senin dan Kamis.

Selain bernilai ibadah, manfaat puasa Senin Kamis ternyata sangat beragam, terutama untuk kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Keutamaan dan Hadits Puasa Senin Kamis

 

Sebelum mengulas seputar manfaat dari puasa Senin Kamis, mari kita pelajari terlebih dahulu keutamaan puasa Senin Kamis lengkap dengan haditsnya. Mengutip dari lampung.nu.or.id, berikut beberapa keutamaan berpuasa di hari Senin dan Kamis.

 

1.  Puasa yang selalu dilakukan Rasulullah

 

Puasa Senin Kamis ternyata termasuk puasa yang selalu dilakukan Rasulullah. Hal ini tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad. Adapun bunyi hadist tersebut, seperti berikut.

“Nabi SAW selalu menjaga puasa Senin dan Kamis” (HR Tirmidzi dan Ahmad).

 

2.  Hari Senin dan Kamis merupakan waktu penyetoran amal manusia

 

Keutamaan puasa Senin Kamis lainnya yaitu kedua hari tersebut merupakan waktu penyetoran amal manusia. Maka dari itu, menjadi sebuah kelebihan apabila Anda berpuasa di hari tersebut. Hal ini diterangkan juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

 

“Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa” (HR Tirmidzi).

3.  Waktu dibukanya pintu surga

 

Selain menjadi waktu penyetoran amal manusia, hari Senin dan Kamis juga menjadi waktu dibukanya pintu surga. Rasulullah bersabda; “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan.” (HR Muslim).

 

4.  Hari kelahiran dan wafatnya Rasulullah

 

Keutamaan lain dari puasa sunah ini yaitu hari Senin merupakan hari kelahiran dan wafatnya Rasulullah. Hari Senin disebut sebagai hari kelahiran Nabi sesuai dengan hadits beliau yang diriwayatkan oleh Muslim. Berikut hadist tersebut.

“Nabi ditanya soal puasa pada hari Senin, beliau menjawab, ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim).

Apa Manfaat Puasa Senin Kamis?

 

Sama seperti puasa lainnya, puasa Senin Kamis juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari situs Rumah Sakit Budi Sehat Purworejo, berikut beberapa manfaat Senin Kamis untuk kesehatan pria maupun wanita.

 

Berikut manfaat berpuasa :

 

  1. Mengontrol gula darah
  2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
  3. Mengurangi peradangan
  4. Mengeluarkan racun dari tubuh
  5. Mengurangi resiko terkena penyakit kanker
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Menjaga kesehatan mental
  8. Dapat mendekatkan diri dengan sang pencipta

 

Setelah membaca banyaknya manfaat yang kita dapat dari puasa Senin Kamis, Marilah kita sama- sama melatih diri untuk bisa menerapkannya. Semoga bermanfaat.

Penulis: Aini
Gambar : https://pin.it/1vWQpgt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap