BeritaGaya HidupKajianKesehatanSosialSosial Masyarakat

Manfaat Bangun Pagi | Oleh : Wiwik Widiya Wati

Menurut mu, pukul berapa bangun pagi itu sebenarnya? Bangun pukul 4? Pukul 5? Pukul 6? Atau bahkan pukul 7? Ya, setiap orang memiliki versi yang berbeda-beda dalam kebiasaannya menentukan waktu bangun pagi.

Di dalam Islam sendiri, di anjurkan bangun pagi itu sebelum waktu subuh. Agar kita bisa sholat tepat waktu dan agar kita bisa juga mengerjakan sholat Sunnah dua fajar, juga bisa sholat di masjid bagi laki-laki. Islam sangat menganjurkan kita bangun pagi. Bahkan Allah menyebutkannya dalam Q.s Al-Muzzammil dimana kita di perintahkan untuk bangun lebih awal agar kita bisa melaksanakan sholat malam atau sholat tahajjud.

Bangun pagi sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Berikut beberapa manfaat bangun pagi:

  1. Manfaat Bangun Pagi dari Segi Kesehatan

Bangun pagi memiliki banyak manfaat yang besar bagi kesehatan. Sebab bangun pagi memungkinkan seseorang untuk menghirup udara yang lebih segar dengan polusi rendah. Kualitas oksigen yang baik akan memaksimalkan otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Bangun lebih pagi membuat kita memiliki banyak waktu yang cukup untuk kita sarapan sehingga asupan lebih terkontrol. Banyak orang yang melewatkan sarapan karena tidak sempat. Jika kita sering melewatkan sarapan, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Sehingga kondisi ini justru membuat kita makan berlebihan pada siang dan malam hari. Dan juga ketika kita sering melewatkan sarapan. Kinerja kerja kita akan melambat karena kita tidak mendapatkan asupan energy.

 

  1. Manfaat Bangun Pagi dari Segi Ekonomi

Dari segi ekonomi, bangun pagi juga memilikii banyak manfaat yang besar, baik sebagai seorang pegawai maupun pengusaha. Seseorang yang bangun pagi, tidak pernah terlambat kerja akan jauh dari hukuman karena keterlambatan. Sebaliknya, seseorang yang sering datang terlambat akan menerima teguran, hukuman dan bahkan akan mendapat Surat Peringatan (SP) dari atasannya. Dan kemungkinan terburuknya adalah ia akan di keluarkan dari tempat kerjanya.

 

Berbeda dengan pegawai, pengusaha juga di tuntut untuk bangun lebih pagi. Contohnya, jika dua buah toko dengan kelengkapan barang yang sama juga harga yang sama. Namun toko si A buka pada pukul 8 pagi dan toko si B buka pukul 9. Sedangkan mayoritas pembeli membeli kebutuhan mulai pukul 8. Maka toko si B sudah mengalami kerugian yang banyak.

 

  1. Manfaat Bangun Pagi dari Segi Spiritual

Orang yang senantiasa bangun pagi akan memiliki kesempatan beribadah lebih banyak. Dia bisa melaksanakan sholat Tahajud, bisa melaksanakan sholat Witir, memperbanyak dzikir, membaca sholawat. Dia juga bisa juga pergi ke masjid lebih awal, adzan subuh (bagi laki-laki), melaksanakan sholat Sunnah fajar, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Itulah beberapa manfaat dari bangun pagi. Dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari bangun pagi yang bisa kita rasakan sendiri. Pasti kita semua bisa merasakan perbedaan antara bangun lebih pagi daripada bangun kesiangan. Semoga kita bisa dan memiliki kebiasaan bangun lebih pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap