BeritaEkonomiKajianTulisan

wirausaha

Wirausaha

Sejak dini, cara berpikir generasi muda perlu dibuka untuk dimotivasi menjadi entrepreneur (wirausaha). Sehingga kelak setelah selesai sekolah, kita tidak sulit mencari pekerjaan dan bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Lalu, apa sih pengertian dari entrepreneur (wirausaha) ?

Entrepreneur (wirausaha) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya. Singkatnya wirausaha adalah seseorang yang berani berusaha secara untuk mengadakan dan memasarkan barang baru untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Menjadi wirausaha ini butuh modal dan tekad yang besar. Karena ketika sukses menjadi wirausaha maka hasil yang didapatkan bukan hanya menguntungkan diri sendiri. Tetapi juga bisa menguntungkan banyak orang. Namun meskipun begitu, banyak orang  takut bahkan tidak tertarik untuk menjadi entrepreneur. Berikut beberapa alasan mengapa seseorang tidak berminat menjadi entrepreneur:

  1. Tidak tahu bagaimana caranya
  2. Tidak mempunyai pengalaman
  3. Tidak punya modal (uang)
  4. Tidak punya keberanian
  5. Takut untuk keluar dari zona nyaman

Menjadi pekerja atau pun entrepreneur sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu hidup sukses,  kaya dan bahagia. Perbedaannya adalah jika pekerja itu kita merasa aman di awal karena memiliki gaji bulanan tetap. Akan tetapi jika tiba-tiba kita di PHK maka tidak ada lagi uang masuk untuk kehidupan sehari-hari. Meskipun menabung, uang itu lambat laun akan habis karena tidak ada lagi pemasukan. Sedangkan jika jadi entrepreneur, kita kerja keras di awal lalu jika sudah sukses kita bisa menghasilkan uang meskipun kita tertidur. Selain itu, kita juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Berikut beberapa tips agar kita menjadi entrepreneur yang sukses dan berhasil:

  1. Strategic thinker

Seorang wirausaha harus menjadi strategic thinker ( pemikir strategi) yang andal. Karena seorang wirausaha yang sukses tidak hanya mengandalkan otot tetapi juga otak.

 

  1. Motivator

Wirausaha merupakan motivator bagi dirinya sendiri. Sehingga ketika mengalami kegagalan ia bisa bangkit dari kegagalan tersebut.

 

  1. Ambitious

Seorang wirausaha harus memiliki ambisi untuk sukses. Namun kita juga harus memperhatikan juga menjaga agar ambisi itu tetap ambisi yang baik. Beberapa orang wirausaha mengalami kegagalan karena terlalu berambisi sehingga mereka melakukan berbagai cara. Bahkan cara yang salah pun akan di tempuh untuk menjadi wirausaha.

 

 

  1. Risk manager

Risk manager atau memanajer resiko sehingga kita tidak boleh gegabah dan terburu-buru. Manajer resiko hrus cermat, taktis, cerdas dan jeli membaca resiko dan peluang yang menguntungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap