BeritaGaya HidupKehidupan RemajaSosial Masyarakat

Tips Mengurangi Insecure

Insecure akhir-akhir ini menjadi kata yang popular karena sering menjadi perbincangan publik. Insecure dalama Bahasa Inggris artinya tidak aman. Sedangkan insecure yang dimaksud oleh khalayak ramai adalah perasaan kurang percaya diri karena melihat orang lain lebih baik daripada dirinya. Insecure ini sebenarnya memiliki dampak positifnya juga walaupun lebih banyak dampak negatifnya. Dampak positif dari insecure ini seperti pada salah satu potongan ayat Al-Qur’an yaitu fastabiqul khoirot yang artinya berlomba-lomba dalam kebaikan. Contohnya ketika si A insecure melihat si B yang rajin sedekah. Lalu ia termotivasi melihat si B bagaimana caranya agar dirinya bisa seperti si B yang rajin sedekah. Lalu si A giat bekerja agar bisa memiliki uang yang banyak dan selalu bersedekah. Nah, jadilah si A berlomba-lomba dalam hal kebaikan karena rasa insecure yang dimilikinya.

Sedangkan dampak negatif dari Insecure ini juga besar akibatnya sehinggga kita sering menjadi tidak bersyukur. Misalnya ketika si A insecure melihat si B yang lebih kaya darinya. Lalu ditambah beberapa orang di sekitarnya yang sering memdanding-bandingkan dirinya kepada si B. Si A tentu saja kesal, lalu ia berpikir bagaimana caranya agar ia lebih kaya daripada si B. Ia pun melakukan banyak cara bahkan tidak peduli caranya halal atau tidak karena rasa kesal yang dimilikinya. Orang-orang seperti ini biasanya tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah ia capai sehingga ia sering menghalalkan banyak cara untuk menghilangkan rasa insecure di dalam dirinya.

Berikut beberapa tips agar dapat mengurangi rasa insecure di dalam diri sendiri:

  1. Jangan mendengarkan ucapan negatif

Rasa insecure seringkali muncul  karena kita yang terlalu mendengarkan ucapan orang lain. Padahal terkadang apa yang di ucapkan tidak lah benar. Berhenti terlalu mendengarkan omongan-omongan orang yang menyakitkan diri kita sendiri. Karena sebenarnya yang tau diri kita adalah diri kita sendiri bukan orang lain.

  1. Menerima diri secara utuh

Kita seringkali tidak percaya diri karena kekurangan yang ada di dalam diri kita sendiri. Kita sering menolak ketidaksempurnaan itu sehingga timbullah rasa insecure tersebut. Ingatlah bahwa Allah menciptakan makhluknya dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Jadi, belajarlah menerima dan mensyukuri apa yang ada di dalam diri kita sendiri.

  1. Memaafkan masa lalu

Rasa insecure muncul karena luka batin di masa lalu. Berlatihlah memaafkan  yang telah melukai tapi bukan berarti membenarkan apa yang telah ia perbuat. Ingat, membenci hanya akan melukai diri kita sendiri.

  1. Mengurangi membandingkan

Jangan membandingkan hidup orang lain terhadap diri kita sendiri. Ketika kita terlalu sering membandingkan diri kita sendiri, yang terjadi sebenarnya adalah kita memperumit hidup kita sendiri. Ingatlah bahwa setiap makhluk memiliki takdir hidup yang berbeda-beda.

Itulah beberapa tips mengurangi rasa insecure. Semoga kita bisa mengurangi rasa insecure tersebut dan lebih banyak bersyukur terhadap apa yang ada di dalam diri kita.

One thought on “Tips Mengurangi Insecure

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap