PendidikanSosial MasyarakatTulisan

5 Hal untuk meningkatkan daya imajinasi

Berikut kajian tentang 5 Hal untuk meningkatkan daya Imajinasi.

Imajinasi adalah sebuah pemikiran manusia yang dikembangkan untuk menghasilkan ide ide yang kreatif. Daya Imajinasi tidak memiliki batas, imajinasi akan terus berkembang selagi seorang tersebut mampu terus menggalinya.

Imajinasi dapat bermanfaat bagi sekitar. Namun imajinasi juga tidak dapat terlahir dengan sendirinya tanpa ada usaha yang dilakukan oleh manusia itu sendiri untuk meningkatkannya.

1. Mengontrol Suasana Hati

Hati akan sangat berpengaruh dalam perilaku seseorang, mempengaruhi isi pikiran setiap orang. Namun jika kita mampu menjaga/mengontrol suasana hati untuk tetap tenang, untuk terus selalu berfikir positif dalam menghadapi suatu hal. Hal ini mampu menjaga secara skologis otak kita dalam berfikir, berencana dan bertindak sesuai dengan Imajinasi yang dipikirkan.

Baca Juga:

https://ruangkaji.com/2020/10/21/berpiki-komputasi-bagian-dari-4-kemampuan-dasar-anak/

2. Melakukan Olahraga dengan teratur

Melakukan olahraga kecil tanpak hal yang sepele bagi kebanyakan orang. Olahraga kecil yang sering dilakukan akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan kita seharian namun hanya di lakukan 1 minggu sekali. Selain membuat tubuh kita semakin sehat, olahraga dapat membantu kita untuk lebih baik dalam persoalan imajinasi, tubuh kita sehat pikiran kita tenang dan tentunya fokus yang akan kita dapatkan dalam berimajinasi.

3. Menuangkan ide kedalam tulisan atau syair

Tak asing kita mendengar orang orang yang membidangi seni akan terlihat orang yang paling baik menggunakan dan mengelola imajinasinya. Dan hal ini memang benar terjadi, semakin sering kita menuangkan apa yang ada di otak kita kedalam tulisan , maka semakin baik pula kedepannya kita dalam berfikir. Seorang seniman lukis mampu mendeskrifsikan apa yang ada di dalam imajinasinya dan membuat banyak orang terkagum. Seorang penulis lagu membuat isi lagu dengan rasa yang dalam dan menjadi nikmat pagi penikmatnya.

4. Istrahatlah yang cukup

Istrahat akan membuat otak kita berhenti sejenak dalam berfikir. Istrahat yang baik disarankan adalah 7 – 8 jam yang membuat otak kita akan berfiikir semakin tajam dikarenakan pembuluh darah berjalan dengan baik.

5. Menggunakan otak kiri dan kanan secara seimbang

Latihlah otak kiri kita dengan cara mengerjakan kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan kecepatan dan ketepatan, semakin sering kita lakukan makan akan semakin tajam otak kiri kita dalam mengambil keputusan. Sesekali berhentilah menggunakan alat bantu kalkulator ketika menyelesaikan pekerjaann perhitungan yang mudah, itu sangat membantu membiasakan diri dalam meningkatkan kecerdasan. Dan seimbanglah menggunkana otak kanan dengan melakukan pekerjaan yang bersifat berfikir , belajarlah menuliskan sebuah kejadian lampau tanpa bantuan. Ketika otak kiri dan kanan seimbang maka kita akan mendapatkan hasil yang luar biasa dari pola imajinasi untuk menjadi orang yang cerdas dan kreatif.

 

Sekian artikel untuk pembahasan seputar imajinasi semoga bermanfaat ya sobat kaji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap