KajianPendidikan

4 Tokoh Pendidikan Indonesia

Pendidikan Indonesia telah mengalami perubahan perubahan, namun ada tokoh pendidikan yang tak bisa di lupakan oleh Indonesia atas jasanya. Tim ruang kaji merangkun 4 Tokoh pendidikan Indonesia yang memiliki pengarus besar untuk pendidikan Indonesia.

KH. Ahmad Dahlan

Lahir di Yogyakarta, 1 Agustus 1868 KH Ahmad Dahlan lebih akrab di kenal sebagai pendiri organisasi Muhammadiyah.

Yang dilakukan KH Ahmad Dahlan adalah perubahan pada sektor pola pikir pada masa itu, bagaimana pendidikan adalah hak bagi seluruh masyarakat. Gerakan saling tolong menolong mendasari berkembangnya pola pikir perubahan di tengah tengah masyarakat. Menggabungkan pendidikan dengan nilai keislaman ternyata menjadi sebuah ciri khas yang terjaga hingga kini dari pergerakan yang di ciptakan oleh KH Ahmad Dahlan. Tercatat hingga kini gerakan yang di buat oleh KH Ahmad Dahlan yaitu Muhammadiyah telah memiliki sekolah tingkat
TK/TPQ = 4.623
SD/MI = 2.604
SMP/MTs = 1.772
SMA/SMK/MA = 1.143
Perguruan Tinggi = 172
yang tersebar di seluruh Wilayah Indonesia.
Konsistensi yang di buat oleh KH Ahmad Dahlan Tim Ruang Kaji menempatkan KH Ahmad Dahlah menjadi salah satu 4 Tokoh Pendidikan Indonesia yang berpengaruh.

 

Baca Juga ; https://ruangmahasiswa.com/info/alasan-pentingnya-belajar-interaktif-saat-belajar-daring/

Ki Hadjar Dewantara

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tepat di hari kelahiran Ki hajar Dewantara adalah bukti bagaimana pengaruh besar yang diberikan terhadap kemajuan Pendidikan di Indonesia, Jadi Tak Salah jika Tim Ruang Kaji memasukkan nama Ki Hadjar Dewantara termasuk 4 Tokoh Pendidikan Indonesia yang berpengaruh. Jasa jasa nya dimulai ketika Ki Hadjar Dewantara mendirikan sekolah Taman Siswa pada tahun 1922. Pasca Kemerdekaan Ki Hadjar Dewantara sempat ditunjuk sebagai menteri pendidikan pada masa itu.

Kyai Hasyim Asy’ari

Kyai Hasyim Ashari yang di kenal sebagai pendiri organisasi islam Nahdatul Ulama (NU) sangat berperan pada perkembangan pendidikan di Indonesia tekhusus pendidikan Islam. Ia mendirikan pesantren pada abad ke 20 yang di beri nama pesantren Tebu Ireng yang sekarang menjadi salah satu pesantren terbesar di Indonesia.
Atas Jasa nya Tim Ruang Kaji memasukkan Kyai Hasim Ashari termasuk dalam 4 Tokoh Pendidikan Indonesia yang berpengaruh.

Baca Juga : https://ruangkaji.com/2020/09/15/3-kata-ajaib-yang-mungkin-sering-tidak-kita-sadari-manfaatnya-tolong-maaf-terimakasih/

R.A.Kartini

Menjadi pelopor dari kebangkitan kaum perempuan di Indonesia melekat pada diri R.A. Kartini. Pola pikir yang di ajarkan kepada kaum prempuan kala itu adalah perempuan harus memiliki bekal pendidikan agar tidak semakin tertindas di hari kemudian. R.A Kartini juga mendirikan sekokah yang diberi nama kartini School.
Sebagai pelopor kaum perempuan Tim Ruang kaji menempatkan R.A Kartini sebagai salah satu dari 4 Tokoh Pendidikan Indonesia yang berpengaruh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Copy link
Powered by Social Snap